Pondasi Rumah Tinggal Bertingkat 2 Lantai dan 3 Lantai

Pondasi rumah tinggal bertingkat 2 lantai dan 3 lantai tanpa batu kali harus bertumpu pada lapisan tanah keras sehingga mampu menahan berat beban bangunan tersebut. Dalam artian tanah keras yaitu yang di anggap mampu menahan berat beban bangunan tersebut dari hasil tes (soundir/soil investigation).

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam pembuatan pondasi rumah tinggal 2 lantai dan 3 lantai diantaranya:
  • Jenis tanah dan kepadatan tanah. Pada tanah yang berada di permukaan keras membutuhkan pondasi dengan ukuran kecil seperti pondasi batu kali / pondasi menerus, pondasi tapak dll. Sedangkan untuk tanah lunak maka harus membutuhkan jenis pondasi dalam seperti tiang pancang atau pondasi bor pile,dan masih banyak jenis pondasi dalam lainya yang memiliki fungsi sama.
  • Bentuk rumah. Bentuk rumah yang menggunakan material berat sehingga beban bangunan menjadi lebih besar oleh karena itu perlu memakai jenis dan ukuran pondasi yang sesuai dengan bangunan tersebut.
  • Dan beberapa kondisi lainya yang mempengaruhi jenis dan ukuran pondasi rumah.
Pada umumnya rumah tinggal yang bertingkat memiliki berat bangunan yang cukup besar, maka di butuhkan pondasi yang kuat dan memadai sehingga tidak menimbulkan kekawatiran bagi penghuninya akan terjadinya kerusakan pada bangunan tersebut.
Bila di permukaan tanah yang akan di bangun tidak memiliki daya dukung pondasi atau berada pada lahan tanah lunak, maka pondasi harus di teruskan ke lapisan tanah yang lebih keras di bawahnya.
Untuk menahan beban bangunan sampai di lapisan tanah keras maka di butuhkan jenis pondasi dalam seperti tiang pancang atau pondasi bore pile / Strauss pile . Jika dalam pembuatan pondasi tidak bertumpu pada lapisan tanah keras maka bangunan tersebut akan mengalami kerusakan seperti retak, miring, bergeser dan lain sebagainya karena penurunan pondasi.

Ada benyak jenis pondasi dalam, namun pada dasarnya sama yaitu berfungsi meneruskan berat beban bangunan secara keseluruhan sampai lapisan tanah keras di bawahnya. Salah satunya pondasi bore pile atau Strauss pile.
pondasi rumah

Perbedaan antara bore pile dan Strauss pile hanyalah pada cara pembuatan lubangnya, kemampuan diameter dan tingkat kedalaman.
Bore Pile pada saat pengerjaanya menggunakan bantuan mesin di mulai pengeboran lubang di tanah, penginstalan tulangan besi dan Pengecoran bor pile sistem tremi . Sedangkan Strauss pile cara pembuatan lubang dengan pengeboran manual (bor tangan). Strauss pile memiliki batasan diameter 30cm dan kedalaman rata-rata mencapai 8meter.
Pondasi rumah tinggal 2 lantai dan 3 lantai sangat cocok menggunakan metode pondasi bor pile atau Strauss pile . Apalagi lokasi berada pada lahan yang sempit dan dekat bangunan sekitar sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan alat berat untuk pembutan pondasi dalam. Bore pile dan Strauss pile lebih simple juga praktis dalam pengerjaanya maupun saat mobilisasi peralatanya.

Bagi yang membututuhkan jasa bor pile untuk pondasi rumah tinggal 2 lantai dan 3 lantai atau strauss pile bisa menghubungi:
Anton
bbm: 5d32a210
 wa 0878 7114 8876
e-mail: karyapondasi@gmail.com


Subscribe to receive free email updates: